Toko Online: Begini Tips Jitu Mencari Supplier Untuk Bisnis Anda

supplier toko online

Jika Anda berpikir seperti kebanyakkan orang untuk memulai bisnis kecil, dan memutuskan untuk memulai bisnis dengan menjual produk atau jasa orang lain, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis kecil adalah mencari supplier/pemasok.

Berikut adalah daftar hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam mencari pemasok agar bisnis Anda sukses.

Jangan cepat puas dengan supplier pertama yang Anda temukan

Supplier, seperti kebanyakan bisnis lainnya yang ingin mendapatkan keuntungan. Ini bukan kepentingan mereka untuk memberitahu Anda di mana saja Anda bisa mendapatkan produk yang sama dengan harga yang lebih baik. Pastikan Anda terus mencari, bahkan jika Anda memutuskan untuk berkerjasama dengan pemasok pertama. Karena, dengan terus mencari Anda mungkin akan memiliki cadangan pemasok jika ada masalah dengan pemasok yang pertama.

Jangan membuang waktu dan uang untuk membeli daftar grosir pada pemasok

Tujuan dari perusahaan yang menawarkan seperti daftar penjualan adalah untuk memperoleh uang dari menjual daftar tersebut. Daftar ini biasanya bersifat umum, kadang-kadang juga out of date dan hampir selalu membuang-buang waktu. Pikirkan baik-baik tentang hal itu.

Jangan berkecil hati ketika produsen menolak Anda

Banyak produsen memilik persyaratan minimum order, jika Anda tidak dapat memenuhi syarat minimum, maka Anda tidak bisa mendapatkan produk tersebut untuk dijual. Ini artinya Anda harus mencari produsen kecil atau distributor untuk membeli produk Anda, siapa tahu dengan cara ini bisa memenuhi persyaratan minimum order dari produsen asal.

Ketika anda mencari pemasok, pastikan melakukan uji kelayakan

Uji kelayakan adalah perisai ketika Anda terjebak dalam hubungan yang buruk dengan pemasok. Anda tidak tahu, apakah yang disajikan benar atau tidak, siapapun bisa menyewa seseorang untuk membuat website yang terlihat profesional dan mengumpulkan beberapa testimonial yang bagus. Mulailah dengan memeriksa beberapa daftar tentang pemasok tersebut. Apakah pemasok tersebut nyata (memiliki alamat fisik) dan legal (memiliki badan hukum). Tanyakan tentang asosiasi bisnis mereka, apakah mereka termasuk anggota organisasi bisnis terkemuka? Apakah mereka akan memberikan referensi agar Anda dapat memeriksanya? Jangan lupa menguji dan memeriksa produk yang ditawarkan sebanyak mungkin.

Hati-hati dalam membaca kontrak apapun sebelum menandatanganinya

Jika tidak berhati-hati, ini bisa saja menjadi bencana besar bagi bisnis kecil Anda yang akan membuat sakit kepala. Memiliki kontrak yang sah secara hukum mungkin dapat merugikan Anda, tapi itu semua tergantung dari isi kontrak yang Anda tandatangani.

Itulah beberapa tips dan cara bagaimana mencari supplier/pemasok yang tepat untuk bisnis Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *