Toko Online: 6 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Menentukan Harga Produk Baru

Intro-To-Pricing-Strategy

Salah satu tantangan terbesar dalam sebuah bisnis adalah bagaimana menentukan harga jual produk yang tepat. Hal ini tidak hanya berlaku untuk produk lama tetapi juga produk baru. Ada banyak kekhawatiran di benak para merchants seperti apakah produk ini berguna bagi konsumen? Apakah harga ini telah sesuai? Menetapkan harga terlalu tinggi, risikonya produk tidak laku. Sebaliknya, menetapkan harga terlalu rendah, risikonya tidak akan mendapatkan untung.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu kita dalam menentukan harga untuk produk baru.

1. Bagaimana menentukan harga untuk produk lain?

Produk baru yang kita tambahkan harus masuk akal dengan berbagai macam barang dan strategi harga kita saat ini secara keseluruhan. Kecuali untuk menguji tujuan baru dari toko dan merek kita. Tapi secara umum, jika kita telah membangun merek menjadi stylish dan terjangkau, maka harga produk harus berbanding lurus dengan persediaan yang ada. Hal ini akan membantu menarik basis pelanggan yang sudah ada dan untuk menjangkau audiens baru yang potensial.

2. Apa pengganti untuk produk baru ini?

Ini merupakan awal tempat yang baik bagi para merchants karena memberikan mereka ide dari harga pembeli yang telah bersedia membayar. Jika kita memperkenalkan botol air canggih yang dibuat dengan bahan terbaru serta dapat membuat minuman tetap dingin selama 20 jam, lihat bagaimana dampak pada harga botol-botol lain. Tujuannya di sini adalah untuk melakukan sedikit monitoring kompetitif untuk menemukan tempat untuk produk Anda di pasar.

Data kompetitor akan sangat penting sebagai merchants lainnya untuk memulai menjual items. Bahkan jika kita memiliki hubungan eksklusif dengan produsen, copycats yang muncul sekali untuk produk baru terbukti sukses. Mempertahankan harga untuk produk yang sama dan sejenis yang telah ada harus memberikan informasi yang kita butuhkan untuk menjaga harga tetap kompetitif.

3. Berapa total biaya produksi?

Biaya produksi harus mempengaruhi harga minimum yang kita tentukan untuk menjual produk. Sangat penting untuk mengetahui biaya produk kita karena menjual dibawah biaya produksi itu berarti kita akan rugi. Harga minimum kita harus selalu diatas biaya produksi.

4. Bagaimana elastisitas harga?

Berapa banyak variasi harga dari produk kita? Produk yang dapat mempertahankan permintaan pada berbagai harga dianggap elastis. Di sisi lain, produk dengan perbedaan harga kecil dianggap inelastis. Lebih mudah menentukkan harga pada produk inelastis karena harga mereka tidak banyak berfluktuasi. Bagaimanapun juga, produk elastis dapat memiliki harga yang bervariasi berdasarkan kondisi supplier dan kondisi pasar.

Karena harga yang sempurna tidak stagnan, mencari tahu “harga sempurna” untuk item baru adalah hal yang sulit. Sangat penting untuk memantau bagaimana pasar merespon konten kita dengan harga yang berbeda. Meskipun kita dapat memantau harga dari kompetitor secara manual. kita juga bisa memilih untuk mengotomatisasi proses ini dengan bekerja sama dengan repricer.

Repricers adalah berupa perangkat lunak yang mengumpulkan historis dari penjualan, pasar, dan intelijen kompetitif, harga minimum dan maksimum. Mereka memungkinkan untuk melakukan perubahan informasi harga secara real-time. Repricers dapat membantu kita secara efisien menentukkan harga produk baru dengan terus memperbarui harga untuk tetap menjaga persaingan dengan kompetitor.

5. Apakah produk musiman?

Misalnya, kita memperkenalkan produk baru berupa jaket ketika musim hujan/dingin akan menyebabkan harga yang lebih tinggi daripada jika diperkenalkan di tengah musim panas. Tapi ketika perubahan musim, mempertahankan harga yang sama adalah bukan hal yang baik.

6. Berapa banyak persediaan?

Berdasarkan berapa banyak stok persediaan yang kita miliki, gunakan harga untuk mencegah tingkat kekosongan gudang. Untuk menghindari eks, naikan harga ketika persediaan menipis. Dalam kasus terakhir, harga rendah untuk membuat ruang baru untuk barang baru.

Itulah 6 tips menentukan harga untuk produk baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *