SEO: Sudah Pakai 5 Strategi Ini Dalam Google Analytics?

google-analytics-tutorial

Dalam pengukuran search engine optimization penting dalam hal keberhasilan, menjadi kata kunci SEO. Kata kunci yang peringkatnya tinggi bearti melalui banyak traffic, maka laporkan kata kunci untuk megurangi nilai peran marketing dan melukis gambar mengapa SEO penting untuk organisasi. Tim marketing akan menampilkan yang benar-benar penting. Untungnya salah satu alat terbaik untuk mengukur SEO secara bebas yaitu dengan Google Analytics.

Meskipun setiap bisnis memiliki keunikkan, tapi setiap website memiliki metric yang berbeda. Berikut adalah 5 cara menggunakan Google Analytics untuk melaporkan keberhasilan bisnis:

  1. Cara Melihat Organic Search Traffic

Sangat tampak jelas, banyaknya perusahaan melihat penurunan traffic di situs webnya akan langsung mengambil kesimpulan dan kehilangan trafficnya. Mereka akan menggali dan mengungkapkan bahwa traffic organic menjadi sumber trafficnya turun secara keseluruhan.

Langkah pertama cari Organic Search Traffic, kemudian buka Channel Grouping, klik Acquisition > All Traffic > Channels. Kamu akan melihat sumber traffic yang tersegementasi oleh channel. Klik Search Organic, maka kamu akan mendapatkan laporan organic metric traffic.

Laporan ini dapat menentukan segala macam seperti, berapa landing page untuk search traffic, keyword untuk most traffic, dan peringkat exit page.

  1. Cara Mengukur Kualitas SEO Traffic

Mendengar kualitas akan terkesan subjektif, kamu tidak bisa mengukur itu. Pada kenyataannya, kualitas sumber traffic dapat diukur bukan dicari. Kamu bisa mengukur peningkatan atau penurunan kualitas search traffic dengan Assisted Conversions (Conversions>Multi-Channel Funnels>Assisted Conversions).

Secara aktif laporan ini dimulai dengan menetapkan rentang tanggal periode setelahnya yang dibandingkan dengan periode sebelumnya. Apakah ada perbandingan pencarian ke beberapa kunjungan situs dan langsung di konversi melalui pencarian.

Laporan ini untuk mencari penurunan atau peningkatan konversi dari search traffic. Apabila bisnis mengalami penurunan konversi di pencarian, namun secara keseluruhan traffic search berjalan stabil. Mudah jika kamu ingin menentukan traffic search berkualitas tinggi atau tidak.

Jika kamu fokus pada satu set, kata kunci peningkatan konversi dari traffic search. Dari sittu kamu dapat katakana bahwa traffic SEO membaik.

  1. Tetapkan Nilai Dollar Untuk Traffic Organic

Strategi bisnis menggunakan cara tradisional, apalagi dalam memahami nilai SEO dalam perbaikkan traffic, visibilitas, dan konversi. Lebih baik tetapkan nilai dolar pada hasil traffic organic. Menetapkan nilai dolar untuk traffic organic dapat membandingkan ke beberapa kata kunci dalam kampanye Google AdWords yang dibelinya.

Strategi ini memerlukan akses ke akun Google AdWords dan Analytics, yang kemudian disinkronisasikan dengan akunmu.

Untuk menemukan kata kunci, akan diarahkan ke Acquisition>Search Engine Optimization>Queries. Untuk mendapatkan laporan yang lebih lengkap kamu buka akun AdWords di tab yang baru dan klik Tools> Keyword Planner. Pada strategi ini kite memilih “Get search volume data and trends”, masukkan kata kunci ke Query Google Analytics dan klik “Get search volume”. Layar selanjutnya klik “Keyword Ideas”, kata kunci akan berada di Bid dan menyarankan agar pengiklan membayar per klik untuk setiap kata kunci yang terdaftar.

Dalam spreadsheet akan terdaftar semua kata kunci yang mengarah ke traffic situs web. Jumlah click-through setiap kata kunci diperkirakan biaya per klik. Di kolom terakhir spreadsheets jumah biaya per klik akan dikalikan dengan jumlah klik, sehingga total nilai traffic organic per kata kunci.

Ini merupakan strategi yang bagus untuk memvisualisasikan dolar dan sen ke strategi SEO untuk menyimpan traffic.

  1. Mengidentifikasi Loading Page yang Lambat

Kebutuhan mengoptimalkan page merupakan salah satu item yang sering diabaikan oleh banyak SEO. Loading page yang lambat mempengaruhi pengalaman pengguna dan kecepatan page yang menjadi faktor utama dalam peringkat pencarian. Kami menyarankan bisnis menjadi investasi waktu dan uang di SEO dan peringkat kata kunci.

Artikel ini buka berbicara tentang cara membuat situs lebih cepat. Namun, bagaimana mengidentifikasi loading page yang lambat dan mengukur dampaknya terhadap tingkat konversi.

Untuk mengukur loading page, arahkan ke Behavior>Site Speed>Page Timing. Page load time dan kolom kanan untuk “% exit”. Kita bisa juga menambahkan “Secondary Dimension” yang medium dan menampilkan ke traffic organic.

Laporan ini menunjukkan rata-rata page situs yang lebar dan presentase keluar dari page ke page lainnya. Cukup mudah untuk melihatnya, kamu hanya perlu melampui situs kami maka presentase akan keluar.

Sebagai SEO, bawa laporan ini ke pengembangan situs, kemudian meminta mereka untuk mengoptimalkan loading page. Loading page yang telah diperbaiki akan membandingkan dengan data lama dan ditunjukkan ke banyak traffic pencarian tambahan. Kemungkinan besar akan dikonversi ke peningkatakn loading page.

  1. Buat SEO Dashboard

Terkadang semua klien akan percaya tentang sajian data yang kita sajikan. Sebagai internet marketer SEO lebih spesifik menjelaskan diri kita sendiri atau belajar pada hard-to-grasp metric. Kadang semua klien ingin melihat grafik batang, diagram lingkar, dsb.

Cara terbaik menyajikan Google Analytics dan data SEO dengan melalui built di Dashboard interface. Pada dasarnya Dashboard adalah serangkaian Widget yang menarik dan semua laporan individu mudah untuk diakses, dibagi, dan dicetak. PDF akan membuat rapi metric SEO karena memiliki Dashboard untuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk meninjau Analytics dan membiarkan fokus di pekerjaan SEO.

Jika kamu ingin melampaui dan mengimport Dashboard-mu, klik dashboards> + New Dashboard.

Pertama set up widget untuk mengukur total kunjungan ke situs search organic secara sederhana. Klik “+ Add Widget”, pilih “Total Organic Visit”. Widget akan menampilkan “Metric”, di bawah akan menampilkan “Show the following metric” dan pilih “Sessions”. Kite perlu melihat traffic dari search organic untuk membuat filter, untuk membuat filter pilih Only Show>Medium>Exactly Matching>Organic.

Untuk membuat widget lagi, langkah kedua gunakan widget dengan keyword yang diurutkan berdasarkan jumlah ssi dengan penyelesaian yang dihasilkan dari keyword masing-masing. Kali ini mari kita mengatur tampilan “Table”. Selanjutnya pilih “Display the following colums”, pilih Keyword>Sessions>Goal Completions. Kita juga bisa menerapkan traffic filter seperti widget pertama.

Laporan ini akan diberikan kepada klien tertentu, namun widget lain meliputi:

  • Semua Organic Visit lembur (Timeline)
  • SEO landing page
  • Organic keyword & % kunjungan baru
  • Page per kunjungan organic keyword
  • Keyword berhasil karena Goal Completions
  1. Menghidupkan Kekuatan Untuk Tantangan

Sejauh ini aspek yang menantang menjadi SEO adalah mampu mengartikulasikan nilai ke bisnis secara efektif. Sangat mudah untuk menunjukkan ke SEO lain, namun mengukur pekerjaanmu dari traffic dan pendapatan untuk klien atau atasan tidak mudah. Untuk mendapatkannya saja sulit apalagi mempertahankan bisnis. Jika klien tidak mengerti, maka mereka akan menuliskan bisnis mereka.

Perhatikan juga apakah metric beresonansi dengan klien atau atasan untuk menemukan cara kreatif dalam mewakili data laporan SEO bulananmu. Ketika klien atau atasan telah berbagi akses ke Analytics, maka buatlah titik berjalan untuk Dashboard Custome. Ini untuk menunjukkan bahwa setiap widget akan mengukur. Mampu membidikmu dan membantumu membawa bisnis mereka sebagai asset untuk tujuan traffic masa depan.

Baca Terkait : Tips SEO: 10 Cara Efektiv Meningkatkan Kecepatan Loading Web-mu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *