Seberapa Penting Penawaran Web Hosting Berbasis Container Untuk Pelanggan?

container

Tidak mudah bagi pelanggan untuk memilih hosting yang tepat dan itu adalah tugas Anda sebagai penyedia web hosting untuk membantu mereka. Saat ini pilihan untuk jenis hosting hampir tak terbatas. Ada dua pilihan yang cukup populer yaitu virtualisasi berbasis container dan hypervisor. Tentu saja, kita tidak mengharapkan semua orang untuk tahu semua tentang solusi hosting yang modern dan terkini. Namun tidak salah jika mengatakan bahwa hari ini teknologi terus berkembang menuju container dan mari kita lihat apa ditawarkan dari teknologi ini.

Sebelum teknologi cloud populer dan bahkan sebelum era virtualisasi muncul, sebuah website biasanya ditempatkan pada server fisik. Ini biasanya tidak menggunakan seluruh power dari server, karena sebagian besar server akan tetap idle.

Semenjak hubungan komunikasi menjadi semakin cepat dan peningkatan traffic web, pemanfaatan server pun mulai meningkat.

Keuntungan dari virtualisasi

Virtualisasi membantu sistem operasi (OS) dalam memanfaatkan sumber daya hardware seolah-olah kita memiliki sumber daya tersebut. Tapi, kenyataannya adalah bahwa contoh dari Hypervised memberikan semua akses ke memori, disk, jaringan, dan CPU secara aman, dikontrol dan ditiru oleh Hypervisor. Hal ini karena memiliki kontrol langsung dari hardware di bawahnya. Sudah sejak 10 tahun yang lalu model ini benar-benar telah merevolusi dunia komputasi di tingkat server.

Hypervisor

Hypervisor telah memperkuat dirinya sebagai salah satu teknologi handal, ini dimulai dari gerakan open source yang mulai mengembangkan lingkungan yang mirip dengan Hypervisor dengan memanfaatkan lingkungan linux pada platform web hosting mereka tapi dengan pengelolaan sumber daya dan isolasi yang dibangun didalamnya.

Hal ini dapat membantu lebih banyak pengguna dalam aplikasi yang terisolir dari hosting lain. Aplikasi ini adalah hal yang berbeda, tetapi pada akhirnya hosting web server adalah untuk penggunaan utama.

Konsep dari lingkungan container

Seluruh lingkungan host muncul benar-benar sebagai lingkungan sistem operasi, memiliki alamat jaringan sendiri, pengguna, aplikasi, kapasitas memori seperti yang kita lihat pada lingkungan Hypervised, tapi tanpa memiliki biaya berlebih dari Hypervisor terpisah.

Hasilnya, lingkungan seperti itu mampu memberikan keuntungan tambahan 10% hingga 20% untuk performa dengan benar-benar menghilangkan semua lapisan software yang sama. Inilah bagaimana lingkungan container tercipta.

Google, setelah beralih ke sebuah sistem operasi pada node hardware tertentu sekarang memiliki teknologi untuk menjalankan banyak contoh dari sistem operasi mereka, atau lebih populer disebut sebagai containers. Ini jelas sangat meingkatkan sumber daya komputer yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *