Revolusi Ecommerce, Ikut atau Sekedar Tahu?

Hand is about to touch add to card button
Hand is about to touch add to card button

Kamu tahu bahwa hal ini akan segera datang, kamu bisa merasakannya, mendengarnya, dan melihatnya, ada perubahan yang lambat namun sangat kuat  dari inovasi ecommerce. Jual beli online telah menjadi  kebiasaan dan bagian penting dalam hidup kita. Ada beberapa perubahan fundamental dalam cara berpikir tentang ecommerce dan bagaimana semua proses transaksi melibatkan User Experience dari penggunanya.

Konten yang Menjual

Pentingnya peran konten dalam menciptakan pengalaman online untuk mendorong pembelian menjadi kunci sukses bagi online merchants dan brand. Apakah masih ada keraguan bahwa gelombang inovasi ini akan berpusat pada konten yang mendorong pengalaman ecommerce dari penggunanya?

Perusahaan yang menggunakan solusi ecommerce yang berbasis pada katalog tradisional menyadari pentingnya konten dalam pertumbuhan revenue online dan bahwa mengintegrasi solusi ecommerce mereka dengan solusi CMS secara terpisah bukanlah solusi yang baik dan menciptakan kompleksitas yang tidak perlu. Sebagai hasilnya, banyak perusahaan dengan channel revenue online yang sudah tinggi mulai menentukan sistem untuk generasi mereka selanjutnya.

Bahan Dasar Revolusi

Perubahan fundamental dan persamaan visi adalah kunci utama dari setiap revolusi. Tambahkan dengan pertumbuhan komunitas stakeholders yang ingin merasakan manfaat perubahan ini dan kamu akan mulai melihat perubahan momentum.

Namun ini semua dimulai dari kebutuhan yang tak kunjung dipenuhi.

Coba kamu tanyakan pada setiap orang yang sudah atau sedang menggunakan solusi ecommerce selama beberapa tahun terakhir dan kamu akan mendengar ketidakpuasan dengan sistem yang mereka gunakan sekarang dan masa depan ecommerce secara umum. Apa penyebab ketidakpuasan tersebut dan apakah mereka menginginkan solusi ecommerce untuk melakukan apa yang tidak dilakukan saat ini? Berikut jawabannya.

Misalnya, solusi ecommerce-mu yang sekarang tidak memberikan fungsi CMS yang cukup kuat untuk memberikan jenis pengalaman yang dibutuhkan untuk menarik user untuk tetap berada dalam situs ecommerce. Kamu memiliki terlalu banyak sistem yang harus dikelola dan dijaga – satu untuk konten, satu untuk transaksi online, satu untuk order, fulfillment, dan inventaris dan sangat sulit untuk mengintegrasi supportnya pun mahal – dan bahkan yang lebih susah lagi adalah membuat pengalaman yang terpadu bagi para pengguna.

Kamu harus lebih gesit dan tepat dalam beradaptasi pada perubahan pasar dan merespon perubahan perilaku dari pelanggan. Teknologi yang kamu gunakan harus support dengan keadaan yang krusial untuk binis ini. Teknologi telah menjadi sangat kompleks sehingga kamu membutuhkan sebuah servis yang mengurangi kompleksitas teknologi tersebut agar kamu bisa fokus pada bisnis. TAPI, kamu tidak ingin mengorbankan fleksibilitas dan kontrol pada fungsionalitas kebutuhan bisnis dan tidak ingin bergantung pada satu vendor yang tidak menarik.

Kamu membutuhkan fungsionalitas ecommerce yang lebih modular – daripada solusi all-in-one yang berada dalam codebase yang besar dan terpisah – sehingga kamu bisa memiliki fleksibitilas yang lebih baik dalam proses bagaimana dan di mana pengalaman ecommerce berada dalam situs.

Drupal + Drupal Commerce

Meskipun Drupal + Drupal Commerce tidak akan menyelesaikan masalahmu, namun mereka bisa memberikan beberapa tantangan fundamental tersebut, dan akan menyelesaikan permasalahan jauh lebih baik daripada solusi ecommerce yang ada saat ini. Mengapa? Karena mereka dibangun, didukung, diperpanjang dalam skala yang masif dengan komunitas open source terbesar yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna sepertimu.

Revolusi ecommerce akan segera terjadi. Sudahkah kamu siap untuk turut serta? Atau hanya sekedar tahu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *