Pemasaran Dengan Hashtags: Tren, Tools, Dan Tips

Hashtags

Hashtags lahir sebagai metode untuk terhubung dengan orang lain melalui kepentingan bersama secara online. Pada tahun 2007, hashtags tumbuh menjadi metode pemasaran dan komunikasi yang cukup kuat. Saat ini, mendapatkan reputasi baik untuk URL baru sangat penting dengan pemasaran dan komunikasi profesional. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan dan memikirkan evolusi dari berbagai hashtags baik pada masa lalu, saat ini, maupun masa depan.

Ketika digunakan dengan benar, hashtags dapat meningkatkan jangkauan konten, membangun komunitas, mendukung upaya pemasaran dan branding, mempromosikan acara, dan mendukung aktivitas sosial. Kebanyakan hashtags digunakan di jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Vine, Pinterest, dan Google+. Berikut kami akan memberikan informasi mengenai hashtags yang digunakan sebagai tren, tools, hingga tips.

Hashtags Sebagai Tren Pemasaran Pada Musim Semi 2015

  • Hashtags adalah bagian dari kosakata kita : “Hashtags” telah ditambahkan ke Kamus Bahasa Inggris Oxford pada Juni 2015 dan pada bulan Agustus 2014, sekitar 42 persen dari semua tweets menggunakan berbagai hashtags yang berguna.
  • Hashtags juga tumbuh secara offline : Pada tahun 2015 lalu, Oxford University Press menyatakan bahwa hashtags sebagai “children’s word of the year” atau hashtags sebagai kata-kata dari anak-anak pada tahun ini. Hashtags digunakan sebagai aplikasi kreatif dari anak-anak untuk penekanan sastra dalam cerita anak-anak.
  • Instagram sekarang mendukung fitur hashtags emoji : Instagram adalah platform sosial media pertama yang mendukung hashtags emoji. Ini adalah berita besar bagi evolusi hashtags.

Tools Yang Digunakan Untuk Pemasaran Dengan Hashtags

  • Tagboard : Tagboard adalah layanan online yang memungkinkan Anda untuk mencari topik tertentu di berbagai jejaring sosial media yang ada. Topik tersebut biasanya ditandai dengan tanda hashtags (#) dan akan memudahkan Anda untuk mengumpulkan opini dari berbagai individu yang berbeda mengenai sebuah tema tertentu. Tagboard dengan cepat akan menampilkan seluruh percakapan dan postingan di jejaring sosial media sesuai dengan hashtags yang dibuat. Tidak hanya terbatas pada Twitter, bahkan Anda bisa mencari percakapan serupa di Facebook dan LinkedIn.
  • HashtagSearch : Ini adalah tools dari perusahaan yang berbasis di Santa Monica yang dimiliki oleh Totally.Dot dan diklaim sebagai mesin pencari pertama untuk hastags melalui hasil pencarian dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan YouTube. Mesin pencari hashtags ini dapat mencari hingga tiga hastags dan hasil ditampilkan secara menarik dari saluran sosial media yang berbeda.

Tips Untuk Sukses Melakukan Pemasaran Dengan Hashtags

  • Lakukan penelitian Anda : Sebelum menggunakan hashtags sebagai pemasaran, cari tahu sepopuler apa hashtags tersebut, apa percakapan yang sering muncul, dan pertimbangkan audiens Anda.
  • Jadilah unik : Tagboard menyarankan untuk menghindari kata-kata umum atau frase yang akan menghasilkan banyak percakapan sosial. Dengan menghindarinya, Anda dapat menjaga hashtags yang digunakan tetap terlihat oleh audiens yang Anda targetkan.
  • Membangun sebuah cerita tentang hashtags Anda : Pertimbangkan untuk memberi tujuan atau cerita menggunakan hashtags untuk pemasaran. Misalnya seperti REI yang menggunakan #rei1440project yang menunjukkan cerita tentang project mereka.

Dalam delapan tahun sejak lahirnya ide menggunakan hashtags telah mengubah budaya komunikasi baik secara online maupun offline. Hal ini juga menunjukkan perkembangan yang semakin cepat. Melalui infografis dari pertumbuhan hashtags di atas, hashtags menjadi alat komunikasi yang terus berkembang dan berevolusi. Bahkan, hingga saat ini hashtags masih menjadi alat pemasaran yang cukup sukses dan banyak digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *