Inilah 7 Tips Membuat Channel Youtube Yang Harus Di Pahami

youtube

Siapa yang tidak kenal YouTube? Sebuah platform video sharing milik Google ini merupakan yang terpopuler di dunia. Hampir semua orang selalu melihat video di YouTube setiap harinya.

Berikut kami akan berbagi tips bagaimana untuk membuat YouTube Channel sendiri.

1. Tentukan tujuan

Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum membuat channel YouTube adalah menentukan tujuan yang pasti. Setelah menentukan tujuan, langkah kedua adalah menentukan apa yang ingin dicapai dari channel tersebut. Apakah untuk membangun loyalitas pelanggan yang ada atau mendapatkan pelanggan baru? Jenis pelanggan seperti apa yang kita cari di YouTube? Berpengalaman atau pemula? Sampai kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita tidak bisa memulai untuk membuat konten.

2. Cari ide dan konsep

Mungkin kita telah memiliki semua peralatan yang dibutuhkan untuk membuat channel YouTube, misalnya smartphone. Tapi mungkin masih ada satu hal yang kurang, yaitu ide dan konsep. Kita harus menghabiskan banyak waktu untuk menggali lebih dalam tentang niche channel kita.

Misal, mulailah dengan menuliskan 50 sampai 100 ide untuk video. Berpikirlah kreatif untuk membuat judul video yang baik dan menarik. Cobalah ketikan beberapa judul di kotak pencarian YouTube, dan perhatikan apa saja yang muncul, kemudian cari kekurangan dari judul-judul tersebut dan kita bisa melengkapinya dengan judul yang lebih baik.

3. Pastikan durasi video tetap pendek

Saat ini, pengguna media sosial tidak terlalu menyukai konten video dengan durasi yang terlalu panjang dan tidak jelas isinya. Kecuali jika kita yakin bahwa konten kita benar-benar bermanfaat bagi pengguna yang melihatnya. Jadi, pastikan buat video dengan durasi yang singkat, padat, dan jelas apa maksudnya atau tepat sasaran.

4. Gunakan gambar thumbnails yang menarik

Thumbnails adalah gambar kecil dari beberapa potongan gambar video. YouTube menggunakan deskripsi video dan tags untuk index pencarian. Tapi di halaman pencarian, secara alami orang akan tertarik pada gambar thumbnails yang menarik dan relevan dengan judul video. Jadi pastikan membuat thumbnails yang terlihat menonjol dibandingkan yang lain.

5. Gunakan judul video yang SEO friendly

Teknik SEO yang kita gunakan pada halaman web juga berlaku untuk judul video di YouTube. Seperti biasa sertakan beberapa kata kunci, tapi pastikan bahwa judul tersebut tetap terlihat menarik bagi siapa saja yang membacanya.

Selain itu, dua baris pertama deskripsi video biasanya ditampilkan pada hasil pencarian YouTube. Jadi jangan buat deskripsi video yang terlalu panjang atau spam.

6. Libatkan audiens melalui komentar

Jangan gunakan profil tanpa nama dan foto. Audiens di YouTube ingin terhubung dengan channel favorit mereka. Salah satu cara sederhana untuk melakukan ini adalah dengan terlibat dengan mereka di komentar video kita. Mungkin hal ini bisa memakan waktu, tapi percayalah semakin kita terlibat dengan audiens, semakin kuat reputasi channel kita.

7. Minta penonton untuk berlangganan (subscribe)

Di setiap akhir video yang kita buat, jangan lupa sisipkan beberapa pesan kata atau kalimat agar penonton berlangganan channel kita. Salah satu teknik umum yang digunakan adalah menciptakan sebuah “end slate” untuk setiap video di mana kita meminta penonton untuk berlangganan ke channel kita dan merekomenasikan mereka untuk melihat beberapa video lainnya.

Itulah 7 tips bagaimana membuat channel YouTube yang harusĀ dipahami. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *