Ingin Penjualan Meningkat? Perbaiki Deskripsi Produk Ecommerce-mu

deskripsi produk

Deskripsi yang ditulis dengan baik pada halaman produk ecommerce memainkan peran kunci dalam pengalaman pembeli, membangkitkan emosi, menanamkan rasa percaya diri, dan membantu mendorong mereka untuk menyelesaikan pembelian. Tapi, deskripsi produk terbaik memiliki peran penting lainnya, yaitu membangun traffic pada situs kita.

Deskripsi rincian produk merupakan jenis konten yang disukai Google. Membuat deskripsi produk yang bermanfaat untuk semua orang mungkin tampak seperti tugas yang berat, tapi dengan cara ini akan memperbesar kemungkinan situs kita ditemukan oleh calon pelanggan. Oleh karea itu, ini merupakan strategi untuk keberhasilan jangka panjang dari bisnis online.

1. Buat deskripsi yang unik dan berguna

Membuat deskripsi produk dengan cara copy paste informasi produk dari produsen pada situs kita bukanlah cara yang baik. Hal ini akan membuat deskripsi produk kita identik/sama dengan yang pesaing lainnya. Dalam beberapa kasus, halaman produk akan di filter pada hasil pencarian. Jika kita ingin deskripsi produk kita terlihat menonjol dan mencapai peringkat pencarian organik yang baik maka buatlah deskripsi yang baik, bukan hanya copy paste.

Selain pertimbangan penting ini, beberapa deskripsi produk dari produsen adalah berdasarkan fakta. Sementara itu kita memerlukan deskripsi produk dari sisi logis untuk menarik pembeli agar membeli, karena orang membeli berdasarkan emosional. Mereka ingin tahu produk-produk tertentu dapat membuat hidup mereka lebih baik dalam beberapa cara. Hal itu akan membuat mereka terlihat baik, menghemat waktu, menghibur, dan memecahkan masalah mereka. Ini semua adalah alasan emosional untuk membeli sebuah produk. Informasi spesifik tentang ukuran, tekstur, warna, dan lain-lain juga dapat meningkatkan penjualan.

Cobalah buat deskripsi yang unik dan berguna untuk pembeli. Bantu mereka membayangkan bahwa produk kita dapat membuat hidup mereka lebih baik. Berpikirlah kreatif tapi tetap masuk akal. Jangan hanya mengatakan sepasang sepatu baru akan mengubah hidup pembeli. Tampilkan pada mereka sepatu baru akan membuat mereka terlihat baik dan merasa lebih baik. Gunakan gambar produk untuk mendukung pernyataan tertulis kita.

2. Meninjau laporan analytics

Salah satu cara yang lebih efektif untuk memastikan kita menggunakan bahasa yang sama dengan target pelanggan kita adalah dengan meninjau laporan untuk mencari mana yang menghasilkan hasil terbaik pada situs kita. Kita bisa menggunakan tools analytics seperti Google Analytics untuk mengumpulkan data.

Laporan ini mudah dipahami, seperti menyoroti istilah pencarian teratas, istilah pencarian umum, dan banyak hasil wawasan lainnya.

Dengan memiliki data ini, akan memudahkan kita dalam menulis deskripsi produk. Menyertakan kata kunci berdasarkan laporan dari analytics pada deskripsi produk juga dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian produk kita di Google.

3. Kenali pelanggan kita

Sebuah deskripsi produk harus bisa menjual, menyediakan semua informasi yang diperlukan untuk menarik pembeli agar membeli.

Meskipun informasi yang unik itu penting, tapi juga harus disampaikan dengan cara yang mudah dimengerti oleh target pasar kita. Deskripsi produk yang paling efektif adalah yang dapat berbicara kepada pelanggan ideal kita dan kepribadian mereka. Misalnya kita akan menggunakan terminologi yang berbeda untuk deskripsi produk baju anak-anak dengan baju orang dewasa.

Membuat deskripsi produk yang mudah dibaca, unik dan dapat berbicara langsung kepada target audiens kita akan membantu memastikan pengunjung kita saat ini menjadi pelanggan tetap.

Itulah tips bagaimana membuat deskripsi yang baik untuk meningkatkan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *