Bisnis Kecil, Begini Cara Membuat Video Marketing yang Efektif

Video-Marketing

Video marketing merupakan strategi yang harus dimiliki dan dipertimbangkan oleh pengusaha kecil. Bukan hanya sebagai marketing yang efektif, guna meningkatkan penjualan dan pengakuan merk, tetapi juga yang disukai customer.

Tergantung dengan audiensmu, sebagian besar marketing lebih suka menonton video informatif tentang perusahaan daripada harus membaca teks yang panjang. Sekarang, iklan video digital menjadi tren marketing teratas. Bahkan, bisnismu bisa terlibat dalam menciptakan iklan video online.

Iklan video informatif adalah alat yang hebat untuk mengkonversi sales menjadi penjualan. Kamu bisa melakukannya di page Facebook, Youtube, eNewsletter atau cara lain untuk customermu. Berikut ada 5 tips untuk membantumu dalam membuat iklan video online yang efektif untuk bisnis kecilmu:

  1. Buatlah Hal yang Menarik Diawal Video

Awal video menjadi hal penting. ini untuk menghindari customer untuk melihat iklan tersebut. Mulailah iklan video dengan pertanyaan yang memicu minat mereka dalam target marketmu. Hubungkan audiensmu dalam beberapa detik pertama dengan mengatasi masalah umum, ajukan pertanyaan yang relevan, buatlah merkmu lebih menonjol.

Terkadang iklan video dalam kondisi silent, oleh karena itu penting untuk memulai iklan dengan visual yang besar dan mendorong penonton melihat video tersebut sampai selesai.

  1. Fokuskan Merkmu

Mengapa customer harus tertarik dengan merkmu? Masukkan jawaban pertanyaan ini dalam iklan video dengan menekankan apa yang bisa dilakukan oleh perusahaanmu. Beritahu penonton mengapa merk mu unik dan berbeda. Dengan begitu Showcase track recordmu akan sukses. Kamu dapat menyertakan testimonial customermu sebagai umpan balik yang positif. Semakin kamu memfokuskan manfaat perusahaanmu, iklan videomu lebih efektif.

  1. Waktu Iklan Videomu

Hindari mengubah iklan menjadi film documenter. Mayoritas iklan video online adalah 30 detik atau kurang. Jika kamu menggunakan video untuk brand positioning, maka akan lebih efektif. Sebagai contoh, jika kamu bercerita tentang merkmu yang memiliki keunggulan, video tidak akan ideal.

Hilangkan konten yang tidak perlu, sebarkan pesanmu secepat mungkin untuk menjaga penonton yang terlibat.

  1. Beritahu Penonton

Videomu harus memiliki alasan mengapa mereka harus memilih merkmu. Apakah produk atau jasamu pilihan yang tepat? Cipatakan nilai yang besar dan teknologi yang dipantenkanagar produkmu terlihat unik. Kamu perlu memberitahu penonton tentang perusahaanmu, ini penting untuk menekankan rencana iklan video onlinemu.

  1. Gunakan Call to Action

Tujuan dari setiap iklan adalah untuk mendorong orang untuk mengambil tindakan. Iklanmu tidak harus berbeda. Call to Action (CTA) dapat difilmkan. Misalnya, untuk menunjukkan pemirsa bagaimana mengunjungi situsmu untuk info lebih lanjut.

Apa yang harus dipertimbangakan ketika membuat iklan video?

Sekarang kamu sudah mengerti cara membuat respon terhadap iklan videomu. Apa yang kamu pertimbangkan? Berikut adalah tips tambahan yang perlu diingat saat membuat iklan video online untuk bisnis kecilmu:

  • Memecahkan masalah

Apa masalah di bisnismu? Bagaimana kamu melakukannya? Sebuah iklan video yang bagus akan menyoroti masalah dan menunjukkan ke penonton bagaimana hal itu dapat diselesaikan dengan produk atau jasamu.

  • Gunakan script

Kumpulkan rencana sebelum membuat konten dalam format apapun, terutama di video. Buatlah script untuk iklan video yang mencakup komponen penting. Setelah melakukannya kamu lakukan observari ke teman, keluarga, dan orang yang paham dengan produk atau jasamu. Umpan balik menjadi penting untuk memnuat penyesuaian yang diperlukan.

  • Pilihlah platform

Setelah memproduksi dan mengedite iklan videomu, penting bagi kamu untuk mengupload konten ke platform yang berkualitas. Saat ini, Youtube, Vimeo, dan Facebook merupakan pilihan yang popular untuk mengupload konten video. Kamu dapat menggunakan ketiganya untuk memperluas jangkauan videomu.

  • Kreatif

Penonton online akan mudah pergi dan datang. Untuk itu pilihlah format yang unik atau gaya yang memungkinkanmu mempromosikan merkmu kepada target marketmu. Semakin kretaif , semakin banyak video pesaing yang menyingkir.

Simpan tips ini dalam ingatanmu saat merencanakan dan membuat iklan video online untuk bisnis kecilmu. Apakah tujuanmu untuk meningkatkan penjualan atau pengakuan merk? Video marketing menjadi strategi yang efektif untuk merekmu.

Baca : 5 Alasan Mengapa Foto Di Sosial Media Banyak Di Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *