Belum Pakai Cloud Hosting? Ini Keuntungannya

Cloud web hosting tidak hanya dianggap sebagai teknologi futuristik, seperti saat ini yang menjadi alternatif penting untuk server konvensional, tetapi telah berubah menjadi solusi penyimpanan dengan biaya yang sangat efektif, fleksibel, dan dapat diandalkan.

Hal ini diprediksi pada akhir tahun 2012, dimana hampir 80% dari kekayaan 1000 perusahaan akan di pindah ke cloud hosting, dan sekitar 30% akan membeli infrastruktur ‘komputasi awan’ mereka sendiri.

Meskipun ada masalah seperti privasi dan teknologi, tapi ada beberapa keuntungan dari cloud web hosting. Berikut beberapa manfaat penting dari cloud hosting.

Skalabilitas

Cloud hosting mampu menangani beban server yang tinggi dengan mudah. Hal ini diperoleh dengan update tambahan, menambahkan hardware dan penggunaan teknologi yang terkait untuk load balancing. Tidak perlu khawatir situs akan down karena server crash, atau faktor lainnya, karena selalu ada server lainnya yang melakukan backup di saat yang tepat. Ini berarti bahwa website yang menggunakan infrastruktur cloud memiliki risiko paling kecil untuk crash/down.

Manajemen mudah

Cloud hosting menggunakan manajemen terpusat dari layanan jaringan dan server, yang memudahkan untuk mengelola dan memastikan pekerjaan yang sempurna tanpa mengorbankan kualitas.

Bayar sesuai yang kita gunakan

Tagihan layanan cloud hosting sama seperti meteran listrik, yang berarti kita membayar untuk apa yang kita gunakan, ini mungkin adalah salah satu keuntungan terbesar dari cloud hosting. Dengan bantuan teknologi ini, kita tidak perlu membayar untuk semua sumber daya seperti bandwidth dan ruang server. Dalam hal ini, kita akan ditagih untuk jumlah traffic yang kita terima, dan berapa banyak jumlah sumber daya yang kita gunakan.

Kapasitas penyimpanan yang disesuaikan

Karena jaringan yang luas dari server, pengguna dapat memiliki solusi hosting yang hampir tak terbatas setiap kali membutuhkan. Dengan kata lain, kita bisa membuat server dengan kapasitas sebanyak yang kita inginkan, ini juga dapat diakses melalui control panel, misalnya layanan API.

Deployment mudah

Melakukan deploy pada cloud hosting seperi cake-walk, dan itu bisa dilakukan di sebagian kecil dari biaya yang kita keluarkan. Kita tidak membutuhkan apapun seperti hardware, implemtasi atau lisensi perangkat lunak. Kita bisa melakukannya dengan mudah dan cepat yang belum tentu ada pada solusi hosting lainnya.

Meningkatkan efisiensi

Penggunaan virtual pooling dari sumber daya yang tersedia membuat seluruh sistem menjadi sangat efisien dan performa dari sumber daya tunggal seperti software, servers, dan networks selalu terjaga.

Sumber daya internal

Dengan outsourcing server dan kebutuhan penyimpanan untuk pihak ketiga, yang ditawarkan cloud hosting, sebuah perusahaan dapat mengurangi beban sumber daya internal mereka. Dengan cara ini, kita dapat memanfaatkan sumber daya secara lebih efisien untuk proses core tanpa khawatir tentang penyimpanan dan servers.

Dukungan penuh 24/7

Sama seperti bentuk hosting konvensional lainnya, penyedia cloud hosting juga manwarkan dukungan pelanggan 24/7 yang sangat penting untuk layanan jenis ini.

Itulah beberapa keuntungan dari penggunaan cloud hosting dibandingkan hosting konvensional pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *