Begini Menjalankan Trik Strategi Promosi Online Shop!

strategi promosi

Apakah kamu ingin memenangkan persaingan? Ini merupakan pertanyaan yang harus kamu jawab ketika menerapkan strategi promosi.

Jika tujuan utamamu adalah untuk mendapatkan penghasilan lebih dari bisnismu serta memenangkan persaingan yang ada, maka kamu harus berpikir lebih keras dalam menerapkan strategi yang ada. Untuk memenangkan persaingan, kamu harus melihat total penjualan. Strategi dalam menawarkan promosi kepada pelanggan dapat membantu meningkatkan pendapatanmu secara keseluruhan.

Berikut ini ada beberapa tips dalam menjalankan promosi e-commerce yang bisa kamu gunakan untuk membangun strategi yang kuat untuk meningkatkan pendapatan:

1. Mulai dengan gratis ongkir

Sebuah promosi free ongkir atau gratis ongkos kirim mungkin bisa menghasilkan sedikit kerugian untuk bisnismu ketika menjual produk secara eceran, tapi kerugian tersebut akan sangat sebanding dengan kenaikan penjualan yang kamu dapatkan secara keseluruhan.

Gratis ongkir dapat membantu merebut hampir 60% pelanggan yang meninggalkanmu, menurut Forrester Research. Selain itu, comStore menemukan bahwa tiga dari empat pembeli online lebih memilih berbelanja dimana terdapat promo gratis ongkir.

Promosi pengiriman lainnya yang harus kamu pertimbangkan adalah pengiriman flat-rate serta pengiriman berdasarkan total order. Kedunya dapat mempengaruhi total penjualan. Sebelum memulai promosi, kamu harus menganalisis dan menentukan bagaimana promosi akan mempengaruhi penghasilanmu. Mengatur adanya total minimum order untuk mendapatkan diskon pengiriman dapat mendrorong lebih banyak penjualan.

2. Lakukan pengujian untuk hasil yang lebih baik

Tidak ada strategi yang benar-benar sempurna, itulah mengapa kamu harus menguji strategimu untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk merekmu.

Dalam banyak kasus, mungkin kamu akan terkejut dengan apa yang mereka lakukan dalam strateginya. Misalnya, dalam studi Shopatron kamu menemukan bahwa salah satu klien industri mainan melihat dorongan terbesar dalam penjualan setelah menawarkan diskon 15%, bahkan ada juga yang sampai 20%. Bahkan, dengan promo diskon 15% dapat meningkatkan 50% pendapatan dari promosi 10% dengan pendapatan 28%. Ini bukan berarti bahwa diskon 20% merupakan strategi yang kurang bagus untuk meningkatkan pendapatan, hanya saja kamu harus menguji strategimu untuk melihat apa yang terbaik untukmu dan pelanggan, kemudian jalankan strategi seoptimal mungkin untuk merekmu.

3. Buat keadaan yang mendesak

Ketika kamu menjalankan promosi gratis ongkir, itu akan lebih berhasil jika kamu juga menanamkan rasa urgensi kepada pelanggan. Pertimbangkan untuk menambahkan minimal jumlah pembelian untuk memenuhi syarat gratis ongkir, atau menentukan tanggal berakhirnya promosi. Ini memberikan informasi kepada pelanggan bahwa mereka hanya memiliki satu kesempatan untuk memperoleh produk yang mereka inginkan.

Pastikan bahwa batasan ini jelas untuk pembeli online sehingga mereka tahu persis apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan diskon atau memperoleh penawaran promosi. Jika kamu menjalankan strategi dengan benar, kamu bisa melihat keuntungan yang besar dalam peningkatan konversi yang lebih baik, serta total penjualan yang meningkat.

Itulah 3 trik menjalankan strategi promosi online shop yang harus kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *