5 Tips Ampuh Moblie Advertising Untuk Menarik Customer

mobile advertising

Di era modern seperti saat ini, hampir setiap orang tidak bisa lepas dari gadget dan internet. Penggunaan gadget (smartphone/tablet) ini tidak terbatas pada segmen tertentu saja. Mulai dari kalangan atas, menengah, bawah, bahkan sampai anak-anak saat ini telah memiliki smartphone. Di mall, cafe, warung kopi, atau bandara, semua orang tidak pernah lepas dari smartphone.

Menurut data terbaru, diperkirakan ada sekitar 55 juta pengguna smartphone di Indonesia dengan total penetrasi pertumbuhannya mencapai 37.1 persen. Pertumbuhan tinggi pengguna smartphone ini sejalan dengan pengguna internet di tanah air. Sebab, rata-rata pengguna mengakses internet menggunakan perangkat mobile. Menurut eMarketer pada tahun 2016 hingga 2019 diproyeksikan bahwa pengguna smartphone di Indonesia akan terus meningkat dan angka pertumbuhannya pun fantastis.

Penggunaan smartphone kini tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga untuk bisnis. Pengguna ingin aplikasi cerdas yang menyuguhkan informasi ringkas dan mudah dibaca. Berikut 5 cara mudah mengirimkan pesan pemasaran pada perangkat mobile untuk mendoring interaksi pelanggan.

1. Buat Email Anda mobile-friendly

Membuat dan mengirimkan email marketing yang mudah dibaca pada perangkat mobile adalah salah satu faktor penting dalam bisnis. Hindari baris subjek pesan yang singkat dan tempatkan pesan yang sesuai tentang merek Anda, penawaran, dan call to action. Pertahankan desain email Anda tetap sederhana dan ringan, sertakan link ke website perusahaan Anda atau halaman Facebook sehingga pembaca dapat mencari lebih lanjut.

2. Optimalkan tampilan mobile untuk konsumen

Empat puluh persen dari pengguna smartphone membandingkan harga pada perangkat mobile saat berbelanja online, menurut HubSpot, sebuah perusahaan Internet marketing di Cambridge, Mass. Jika Anda tidak mengoptimalkan situs Anda untuk pengguna mobile, Anda mungkin akan kehilangan kesempatan penjualan. Informasi yang paling banyak dicari (jam operasional, lokasi, petunjuk arah) dan fitur populer harus ada didepan dan tengah di mana pelanggan dapat dengan mudah menemukannya. Jika pengguna mobile tidak dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan, mereka mungkin akan beralih ke situs lain.

3. Bangun basis pelanggan Anda

Pelanggan aktif sosial Anda pasti memiliki aplikasi Facebook atau Twitter di smartphone mereka. Sebuah tanda atau pengumuman yang mendorong pelanggan untuk terhubung dengan Anda di media sosial dapat mendorong pertumbuhan yang signifikan dari jaringan Anda dan memperluas visibilitas perusahaan Anda. Pastikan memberikan pelanggan alasan yang baik dan menyenangkan untuk like atau follow Anda.

4. Maksimalkan layanan berbasis lokasi

Jika Anda menjalankan bisnis toko fisik atau host sebuah acara, dorong orang untuk melakukan check-in pada layanan berbasis lokasi seperti Foursquare, Gowalla, atau lainnya. Anda akan mendapatkan informasi tentang pelanggan dan seberapa sering mereka berkunjung. Hal ini juga memungkinkan pelanggan untuk berbagi informasi dan tips tentang bisnis Anda dengan orang lain. Sebuah penawaran khusus yang unik dapat mendorong pelanggan untuk tetap check-in sesering mungkin.

5. Mendorong ulasan pelanggan

Dorong pelanggan untuk berbagi ulasan tentang pengalaman mereka saat menggunakan produk atau layanan Anda. Ajukan sebuah pertanyaan, “Bagaimana kami melakukan? Beritahu kami!”. Anda bahkan bisa mengarahkan langsung pelanggan ke situs seperti Yelp, Where, Google Places, atau TripAdvisor, di mana Anda ingin mereka untuk menawarkan ulasan bisnis Anda. Pastikan Anda mempostingnya ke Twitter perusahaan, sehingga pelanggan dapat memasukkannya dalam ulasan dan follow bisnis Anda di Twitter untuk updates.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *