5 Cara Unik Membuat Shipping Barang Lebih Brandable

CratesforSS-1

Kita seringkali terlalu fokus dan memberi perhatian pada keuntungan penjualan barang, dan lupa untuk memberikan perhatian yang cukup pada konsumen. Padahal konsumen adalah penentu utama kesuksesan bisnismu. Salah satu bentuk cinta yang bisa kamu sampaikan ke konsumen adalah dari kemasan produk. Mengirimkan barang pesanan ke alamat konsumen juga bisa menjadi media branding dan menjaring loyalitas konsumen pada brandmu. Shipping barang menjadi salah satu strategi yang memiliki banyak dampak positif pada brandmu, untuk itu kamu bisa coba lima contoh berikut ini.

  1. Custom Shipping Boxes

Ini adalah langkah sederhana pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat shipping barang menjadi lebih menarik dan ‘nendang’. Selain kepuasan konsumen atas pelayanan ekstra ini, kamu juga bisa mengoptimalkan branding produk pada kotak kemasan. Beberapa vendor untuk custom boxes sudah bisa kamu gunakan jasanya untuk mewujudkannya. Mulai dari desain 2 warna pada regular cardboard hingga printing yang lebih premium di seluruh permukaan kotak kemasan bisa kamu ajukan. The Custom Boxes bahkan bisa membuatmu menilik box seperti apa yang ideal untuk brandmu dengan berbagai jenis dan termasuk desain khusus seperti die-cut box, makanan, kosmetik, dll.

  1. Custom Shipping Bags

bags

Jika kamu ingin tampilan produkmu lebih keren, kamu bisa mengcustom shipping bags melalui vendor yang sudah banyak tersedia saat ini. Mulai dari kantong merchandise hingga kantong dari bahan yang eksklusif, kamu bisa mengirimkan produkmu dengan menarik. Kamu bisa menambahkan kertas tisu, pita, dan ornamen-ornamen detail lainnya agar semakin unik. Bahkan banyak produk yang sudah didesain eco-friendly.

  1. Shipping Peanuts

peanuts

Berbicara tentang eco-friendly, sulit untuk tidak membicarakan tentang shipping peanuts. Didesain full non-toxic dan anti-statis, kemasan model ini sangat awet dan aman bagi anak-anak dan hewan peliharaan.

Dibuat dari corn starch (pati jagung), butiran ini didesain untuk bisa terus tersusun dengan baik meskipun dikirimkan ke luar negeri sekalipun. Selain tahan  air, kemasan ini bisa digunakan sebagai kompos tanaman! Mungkin yang satu itu tidak terlalu brandable, namun saat ini konsumen telah menjadi sangat peduli lingkungan lebih dari siapapun, dan menggunakan produk jenis ini dalam proses shipping menunjukkan bahwa kamu berusaha untuk mengurangi sampah karbon.

  1. Custom Shipping Tape

custom-shipping-tape

Shipping tape tidak harus selalu berwarna cokelat atau transparan. Kamu bisa membuat custom tape sesuai dengan warna dan logo brandmu. Perbedaannya akan terletak pada jenis material yang digunakan untuk tape yang khusus bisa di print dengan warna yang tersedia. Untuk bisnis yang masih tahap awal, kamu bisa mencoba custom warna, ukuran, dan teks tape dengan jumlah kecil atau eceran yang lebih murah.

  1. Mailer Box Bulanan

inserts-1024x682

Kamu mungkin pernah dengar (atau bahkan mendaftar) untuk subscription box ini. Semua hal mulai dari sampel makeup hingga barang pecah belah bisa dikirmkan langsung padamu setiap bulan dengan biaya yang murah. Kamu bisa mulai mencoba milikmu sendiri dengan memilih kotak dan menambahkan partisi di bagian dalam yang bisa dicustom sesuai jenis produk.

Berapa biaya yang dibutuhkan?

Biaya yang dibutuhkan bergantung pada tingkat custom, ukuran dari box/karton, jumlah yang dibutuhkan dan banyaknya warna yang dibutuhkan. Kamu bisa mencari website vendor yang sudah banyak tersedia di internet dan jangan malas untuk melakukan riset terkait biaya,dan kualitas hasil jadinya. Sebaiknya untuk custom shipping ini hanya dilakukan jika perusahaanmu memiliki biaya ekstra yang cukup besar. Untuk permulaan kamu bisa mencoba memesan custom shipping dalam jumlah kecil. Selamat mencoba!

Ingin mendapatkan tips & trik mengenai toko online lainnya? Cek di Jejualan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *