5 Alasan Webiste Tidak Menarik Bagi Mesin Pencarian

SEO

Tujuan utama dari kebanyakan pemilik website adalah untuk membuat website mereka agar mudah ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari produk atau jasa yang mereka tawarkan. Salah satu cara untuk dapat menemukan situs-situs tersebut adalah melalui mesin pencari. Dengan pemikiran ini, perusahaan jelas ingin website mereka terlihat menarik bagi mesin pencari, tetapi ada beberapa alasan yang mungkin membuat situs Anda tidak menarik bagi mesin pencari.

1. Konten tidak berkualitas

Konten website adalah harus unik dan relevan. Konten yang berkualitas akan membujuk orang untuk kembali ke situs Anda lagi dan juga mendorong mereka untuk berbagi konten dengan orang lain melalui link atau media sosial.

Berbagi konten tidak hanya memberikan situs Anda lebih banyak kesempatan untuk mudah ditemukan oleh pengguna platform media sosial, tetapi juga dapat membantu meningkatkan peringkat pada mesin pencari dan findability.

Jika konten Anda terlihat membosankan, tidak berguna, dan tidak pernah di update, itu tidak akan menarik perhatian pengunjung atau bahkan mesin pencari. Pada akhirnya, setiap eksplorasi bagaimana sebuah website dapat ditingkatkan untuk mesin pencari dimulai dengan tinjauan yang menyeluruh dari konten situs tersebut dan rencana untuk memperbarui dan meningkatkannya.

2. Tidak mendukung perangkat mobile

Google sekarang menggunakan dukungan perangkat mobile sebagai faktor untuk menentukan peringkat dalam algoritma mereka. Ini berarti jika situs Anda tidak dioptimalkan untuk perangkat mobile, atau mungkin dengan pendekatan desain web responsif, Anda akan kehilangan sebagian pengunjung dan peringkat dalam hasil pencarian.

Mobile-friendly sangat penting baik untuk peringkat di Google dan pengalaman pengguna. Saat ini, situs dituntut harus mampu bekerja dengan baik di berbagai perangkat mobile dan beberapa ukuran layar.

Jika situs Anda masih terjebak dengan layout “fixed width” dan mencoba untuk memberikan layout yang sama ke semua perangkat, terlepas dari dimensi ukuran layar, maka itu tidak mobile-friendly untuk pengunjung dan mesin pencari.

3. Lambat

Faktor kunci lainnya yang digunakan Google dan mesin pencari lainnya untuk menentukan peringkat pencarian adalah kecepatan halaman dan kinerja situs secara keseluruhan. Sementara hampir sebagian besar web terus semakin membengkak (dengan halaman web sekarang rata-rata lebih dari 2 MB), untuk meningkatkan peringkat pencarian maka halaman web harus mampu di muat lebih cepat.

Jika situs Anda terbebani dengan gambar yang terlalu berat, bergantung pada script dan libraries, social feeds, atau elemen lain yang menyebabkan situs lambat, saatnya untuk mengurangi beban ukuran halaman. Ini tidak hanya akan menguntungkan bagi pengunjung karena situs Anda menjadi lebih cepat untuk di muat, tetapi juga untuk mesin pencari.

4. Tidak up-to-date

Mesin pencari suka dengan situs-situs yang up-to-date dan selalu memberikan informasi terkini. Hal ini menunjukkan bahwa pemilik situs memberikan perhatian lebih pada situs dan konten mereka. Jika website Anda mengalami masalah “launch it and leave it”, di mana Anda selalu mengupdatenya ketika pertama kali diluncurkan, namun setelahnya diabaikan begitu saja, maka mesin pencari juga akan mengabaikan situs Anda.

Dalam beberapa kasus, sebagian besar konten situs mungkin relevan dengan jangka panjang, tetapi Anda tetap harus memiliki rencana untuk menambahkan konten yang sesuai secara berkala. Beberapa jenis konten antara lain artikel blog, berita, dan press releases, atau update perusahaan.

5. Code usang

Standar web dan praktik terbaik terus mengalami perubahan. Jika situs Anda dibangun bertahun-tahun lalu dan tidak di update sesuai standar web saat ini, situs Anda mungkin akan tertinggal.

Sementara medesain ulang dan membangun kembali situs adalah pekerjaan rumah yang tidak ingin Anda lakukan, bagaimanapun satu-satunya cara untuk membuat situs Anda up-to-date dengan standar web saat ini dan terlihat menarik bagi mesin pencari adalah untuk membangun kembali situs tersebut.

Kesimpulan

Jika Anda ingin membuat website yang menarik bagi mesin pencari, pastikan bahwa itu memberikan pengalaman yang baik bagi pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *