10 Tips Efektif Menggunakan Dropbox yang Harus Kamu Coba

Dropbox

Dropbox adalah salah satu penyedia penyimpanan cloud terbaik dan paling populer saat ini. Dropbox memungkinkan orang untuk mengakses dan memperbarui file dari komputer yang berbeda atau perangkat mobile kapan saja dan dimana saja.

Jika kamu baru menggunakan dropbox, ada beberapa trik yang patut dicoba untuk memaksimalkan dropboxmu. Berikut 10 tipsnya.

1. Ajak temanmu untuk mendapatkan space tambahan

Ketika mendaftar akun gratis di Dropbox, kita akan mendapatkan space penyimpanan 2 GB, tapi kita masih dapat meningkatkannya dengan mengajak teman untuk mendaftar melalui link kita. Sebagai pengguna free, kita akan mendapat 500 MB untuk setiap referral maksimal hingga 16 GB. Sebagai pengguna Pro, kita akan mendapatkan 1 GB untuk setiap referral maksimal hingga 32 GB. Caranya buka link Dropbox.com/referrals untuk mendapatkan link referral.

2. Mengembalikan file yang telah dihapus

File telah dihapus dan tiba-tiba kamu membutuhkannya lagi? Tidak perlu khawatir, Dropbox memungkinkan kita untuk mengembalikan file yang telah dihapus selama minimal 30 hari setelah dihapus. Gunakan kolom pencarian untuk menemukan file tertentu (bahkan yang telah dihapus) atau klik pada ikon trash. Pilih file yang kamu butuhkan, kemudian tekan tombol “restore”.

3. Berbagai file Dropbox langsung ke grup Facebook

Grup Facebook adalah tempat yang bagus untuk berkolaborasi dalam proyek atau diskusi, dan jika kamu memiliki file Dropbox yang ingin dibagikan ke grup, kamu dapat melakukannya hanya dengan beberapa klik. Cukup tekan “Add File” dan kemudian “Choose File” dari Dropboxmu. Facebook akan meminta akses untuk terhubung ke akun Dropbox jika kamu baru pertama kali menggunakan fitur ini.

4. Gunakan SendToDropbox.com ketika tidak memiliki akses langsung ke Dropbox

Bagaimana jika kita berada di komputer atau perangkat mobile yang saat ini tidak terinstal Dropbox (atau sedang tidak login) dan kita perlu mengirim sesuatu ke Dropbox kita? SendToDropbox.com adalah tool yang sangat berguna untuk menghubungkan ke akun dropbox kita dan memungkinkan kita mengirim file ke diri sendiri seagai lampiran email.

5. Biarkan orang lain upload file-file besar ke Dropbox kita dengan DROPitTOme

DROPitTOme adalah layanan yang membantu memecahkan masalah yang ada dengan menghubungkan orang lain ke dropbox kita, dan kemudian memberikan sebuah link tertentu pada situs sehingga siapa pun bisa secara aman mengupload file hingga 75 MB melalui link dropbox kita.

6. Pilih folder Dropbox tertentu yang ingin disinkronisasi

Jika kamu menyimpan banyak folder dan file di Dropbox, kemungkinan tidak semua folder dan file tersebut harus diperbarui dan disinkronisasikan terus menerus. Dengan memilih Selective sync, kamu dapat memilih folder mana saja yang ingin disinkronkan. Buka menu Dropbox Preferences > Advanced tab, klik tombol Selective sync dan check atau uncheck folder mana pun yang kamu inginkan.

7. Tambahkan Dropbox pada browser Chrome

Saat broswing, menambahkan Dropbox pada web browser dapat sangat membantu. Jika kamu pengguna Chrome, ada banyak sekali ekstensi Dropbox yang dapat kamu gunakan. Salah satu yang populer adalah EasyDrop yang memberikan akses cepat ke folder dan file. Download to Dropbox juga adalah salah satu pilihan baik lainnya yang memungkinkan kita untuk mendownload file secara online ke Dropbox dengan mudah.

8. Edit file teks di Dropbox dari perangkat mobile

Kita semua tahu bahwa Dropbox adalah layanan terbaik untuk menyimpan semua data, tapi bagaimana untuk mengedit file? Tidak mungkin melalui Dropbox sendiri. Untungnya, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan Dropbox dan memungkinkan kita untuk mengedit file teks langsung dari perangkat mobile. Write for iPhone adalah salah satu pilihan untuk penggun iOS, sedangkan untuk penggun Android, dapat menggunakan Plain.txt: Dropbox Notes.

9. Tekan tanda bintang pada mobile untuk memilih file favorit dan mengaksesnya nanti secara offline

Setiap kali kita menggunakan aplikasi Dropbox pada perangkat mobile, kita akan melihat tombol bintang di bawah menu. Kita dapat menekannya untuk mengakses file favorit secara offline.

10. Gunakan IFTTT untuk mengotomisasi layanan dan aplikasi lain untuk bekerja dengan Dropbox

Sederhananya, IFTTT adalah layanan yang memungkinkan kita untuk menghubungkan aplikasi dan layanan sosial yang berbeda untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu sehingga kita tidak perlu membuang-buang banyak waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *