10 CMS Terbaik Untuk Di “Oprek” Menjadi Website Keren

Content Management System (CMS) populer seperti WordPress atau Joomla mungkin adalah dua diantara CMS terbaik yang paling banyak digunakan saat ini. Tapi, untuk membangun sebuah website kecil atau blog pribadi yang tidak memerlukan terlalu banyak fungsionlaitas di dalamnya, kita membutuhkan solusi CMS yang sederhana, elegan, dan ringan yaitu Flat CMS.

Perbedaan yang paling mencolok pada Flat CMS adalah tidak memerlukan database. Sebuah Flat CMS menyimpan setiap data atau konten website di dalam file atau folder saja. Tanpa query untuk mengambil konten dari database, otomatis akan membuat website menjadi lebih cepat dan kita juga tidak perlu melakukan instalasi yang rumit, hanya tinggal upload file ke server dan website pun siap.

Penasaran Flat CMS apa saja yang bisa di “oprek” menjadi website yang keren? Mari kita bahas satu per satu.

1. Grav

Grav membaca markdown file yang kita upload di folder user/pages kemudian menjadikannya sebagai halaman.

Grav menggunakan Twig template engine untuk membangun themes, kita bisa membuat theme sendiri karena cukup sederhana dan mudah, atau kita bisa menggunakan 20 theme yang sudah ada. Grav juga memiliki banyak plugin untuk menambahkan fungsi tambahan pada website. Instalasi sangat mudah, kita bisa menggunakan Garv Package Manager.

2. Pico

Pico memungkinkan kita untuk membuat webiste dengan mudah dan super cepat. Kita buat konten dalam bentuk file .md, kemudian upload ke folder konten pada direktori instalasi. File akan menjadi halaman yang bisa diakses pada website kita.

Kita juga bisa membuat theme dengan Twig template engine. Ada juga plugins untuk pagination, slider, meta tag, dan lainnya untuk memperluas fungsi website kita.

3. Dropplets

Dropplets adalah CMS sederhana untuk blogging, tanpa database dan instalasi yang mudah hanya dalam hitungan detik untuk berjalan pada server apa pun. Dropplets memiliki halaman adminstrator untuk mengatur preferensi situs, tetapi tidak untuk mengedit konten. Untuk membuat konten, buat post ke dalam format Markdown dan upload ke server dari dashboard dengan mengklik Public atau Update Posts.

Dropplets dilengkapi dengan template gratis, tetapi jika kita ingin lebih, kita bisa membeli template premium dari dashboard. Jika kita ingin membuat theme sendiri, tidak ada template engine khusus, hanya menggunakan PHP biasa.

4. Kirby

Kirby memiliki fitur yang lengkap tapi mudah digunakan. Meskipun kita bisa menambahkan konten secara manual, sama seperti Flat CMS lainnya, ada juga web interface bernama Kirby Panel, yang memungkinkan kita membuat post sebagai konten page, blog, atau galeri, serta untuk mengelola users dan roles.

Kirby memungkinkan kita menulis konten dalam format Markdown secara default, tetapi terdapat plugins visual markdown editor untuk membuat pengalaman menulis yang lebih menyenangkan.

5. Automad

Automad adalah CMS berbasis file yang dirancang untuk berjalan tanpa bergantung pada database. Kita bisa menambahkan konten yang berbasis teks yang disimpan dalam format .txt dan menguploadnya ke pages folder. Jika kita tidak suka coding, kita bisa menggunakan web user interface untuk menambahkan konten dan galeri dengan mudah.

Automad menggunakan template engine sendiri untuk membangun theme, dan itu mudah digunakan karena menyediakan fungsi Toolbox untuk menghasilkan elemen di sebuah halaman.

6. gpEasy

gpEasy Flat CMS yang mudah digunakan dan cepat dengan beberapa fitur didalamnya. Instalasi mudah, cukup mengikuti beberapa langkah untuk membuat situs kita siap digunakan. gpEasy dilengkapi dengan editor WYSIWYG untuk memudahkan menambahkan dan memformat konten. Selain itu, juga dilengkapi file manager, sehingga kita bisa dengan mudah mengelola file atau folder.

Dalam post, kita bisa menyisipkan gambar dan jenis file lainnya, seperti PDF. Terbaik dari semua, gpEasy hadir dengan puluhan theme dan plugin, lebih banyak dari yang ditawarkan CMS lainnya.

7. Yellow

Dengan Yellow kita bisa menulis konten dalam format .txt, serta Markdown dan HTML. Untuk instalan pertama, Yellow telah dilengkapi dengan halaman default “Home” dan “About”. Jika ingin membuat blog, kita bisa menggunakan blog plugin, untuk menyisipkan gambar kita harus menggunakan image plugin.

Yellow juga dilengkapi dengan online text editor sederhana sehingga kita bisa mengedit atau menambahkan konten pada website. Kita juga bisa mengupload konten file secara manual, yang memungkinkan kita untuk mengatur sorting dan publishing status.

8. WonderCMS

WonderCMS adalah CMS terkecil di dunia (menurut klaim mereka). Ukurannya sangat kecil hanya 15KB dengan 7 files, tapi memiliki fitur keren seperti editing konten. Kita bisa mengambil theme, dan mendapatkan plugin untuk menambahkan fitur khusus ke situs kita seperti menambahkan galeri dan editor WYSIWYG.

9. RazorCMS

Razor adalah Flat CMS yang mudah digunakan bagi kita yang tidak bisa coding. Setelah selesai melakukan instalasi masuk ke /login pada URL instalasi dan masukan default credentials untuk mengakses dashboard. Dalam dashboard kita bisa menyesuaikan pengaturan secara keseluruhan untuk situs kita, termasuk menambahkan atau editing halaman.

Pada halaman editing dilengkapi fitur text editor keren, yang memungkinkan kita untuk mengedit konten hanya di satu tempat. Kita bisa membuat theme sendiri untuk memperindah website kita.

10. Nibbleblog

Nibbleblog menggunakan one-step installation wizard. Kita hanya perlu mengisi informasi data diri dan kita bisa login ke dashboard untuk melakukan semua hal seperti posting blog atau mengatur halaman website.

Kita bisa memformat konten blog dengan mudah karena dilengkapi dengan visual editor. Kita juga dapat menambahkan gambar atau video. Ada sekitar 9 theme yang siap digunakan untuk mengubah tampilan situs kita dan ditambah plugin untuk menambahkan fungsi khusus.

Itulah 10 Flat CMS terbaik untuk membuat website yang ringan dan mudah digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *